Proses belajar mengajar yang dilaksanakan di SMK Pembangunan Tahun Pelajaran 2021/2022 telah berlangsung satu semester sesuai dengan kalender pendidikan yang telah ditetapkan. Pada bulan Juli 2021 dan Agustus 2021, pembelajaran masih dengan moda daring atau pembelajaran jarak jauh. Namun sejak bulan September 2021 SMK Pembangunan mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Diharapkan dengan PTMT ini akan lebih meningkatkan motivasi belajar dan kualitas pembelajaran.
Setelah pelaksanaan pembelajaran selama satu semester maka diperlukan suatu alat untuk mengevaluasi kemajuan pembelajaran peserta didik. Salat satu alat untuk mengukurnya salah satunya dengan melaksanakan Penilaian Akhir Semester. Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester).
Dikarenakan SMK Pembangunan sudah mendapatkan surat ijin rekomendasi dari KCD Wilayah II Dinas Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, maka kegiatan PAS pun dilaksanakan dengan cara ulangan tatap muka berbasis kertas. Hal ini agar proses evaluasi dapat dilaksanakan lebih objektif dan siswa mempunyai tantangan tersendiri dalam mengerjakan soal.
Selama masa pandemi SMK Pembangunan selalu melaksanakan kegiatan ujian secara daring, namun setelah dievaluasi, ujian secara daring memang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Beberapa kekurangan dari ujian daring yaitu objektifitas jawaban siswa tidak dapat dinilai 100% karena kemungkinan untuk berbuat curang lebih besar seperti mencontek, bekerja sama, joki, atau browsing. Selain itu banyak kendala yang ditemukan saat ulangan daring seperti tidak ada kuota, perangkat gawai (HP) rusak, tidak ada jaringan, HP error, atau bahkan peserta ulangan tertidur saat ulangan serta ada juga yang bangun kesiangan karena pola pembelajarannya yang tidak terbiasa tanpa pengawasan.
Dengan melaksanakan PASTMT ini diharapkan siswa lebih bersungguh-sungguh dalam mempersiapkannya. Siswa datang lebih pagi, lebih disiplin dan dalam mengerjakan ulangannya dibawah pengawasan sehingga objektifitas hasil belajar lebih terjaga.
PASTMT dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Hal ini dikarenakan jumlah peserta ulangan harus maksimal 50% dari jumlah rombel pada setiap ruangan, sehingga PASTMT dibagi menjadi PASTMT pagi 50% dan PASTMT siang 50%.
Karena banyaknya siswa SMK Pembangunan, maka seluruh ruang teori sebanyak 34 ruang dipergunakan untuk PAS. Semua ruangan sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang benar. Termasuk siswa dan gurupun harus menerapkan protokol kesehatan dengan benar.
Semoga dengan kegiatan PAS ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Pembangunan khususnya siswa menjadi lebih terpacu untuk meningkatkan kompetensinya sehingga akhirnya kualitas lulusan SMK Pembangunan dapat terus meningkat dan dapat bersaing di masa yang akan datang.
Berikut adalah jadwal PAS Tahun Pelajaran 2021/2022